Senin, 21 November 2016

Review Sistem Pakar untuk mendiagnosis penyakit pada kambing dengab metode forward chaining


Nama    : Mauli Gusman
Kelas.    : 3KA20
NPM      : 16114478

Field Establish
Jurnal ini membahas tentang bagaimana membangun suatu aplikasi sistem pakar dengan metode forward chaining yang merupakan implementasi untuk mendiagnosis penyakit pada kambing dan memudahkan peternak dalam gejala awal penyakit kambing.
Masalah 
Perkembangan penyakit pada kambing semakin berkembang di tiap tahunnya, di karenakan pengetahuan masyarakat yang minim dalam hal penyakit yang sering menyerang kambing ternak mereka. Apabila seekor kambing yang  terkena penyakit dan sudah mau menemui ajalnya biasanya sang peternak akan menyebembelih hewan ternak nya sebelum mati dan langsung diedarkan kedalam pasar dengan harga miring, dari hasil penjualan daging dan tidak menutup modal untuk membeli bibit kambing, inilah salah satu faktor utama kerugian sang peternak.
kematian pada kambing bersifat tidak berubah  pada angka kematian tiap tahunya dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang gejala awal pada penyakit  dan fasilitas kesehatan khususnya pada kambing terutama di indonesia masih sangat terbatas. Sehingga dalam bidang ini juga membutuhkan teknologi komputer,salah satunya adalah digunakan untuk mendiagnosa penyakit kambing yang diimplementasikan dengan perangkat lunak bahasa pemrograman PHP.

Solusi
Untuk itu, dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan sebuah perangkat lunak baru tentang sistem pakar untuk membantu mendiagnosis penyakit pada kambing dengan metode forward chaining dan dijadikan alat bantu dalam bidang kesehatan serta dapat dijadikan bahan edukasi kepada masyarakat untuk mengetahui penyakit pada kambing.


Evaluasi
beberapa proses dari pengumpulan data gejala penyakit pada  kambing dari hasil penelitian dan menanyakan langsung ke pakarnya atau dokter hewan yang sering menangani masalah pada kambing , membuat tabel gejala-gejala yang memungkinkan apakah adanya masalah atau tidak pada hewan peternak.
Kontribusi
Aplikasi ini sudah dijalankan dengan pakarnya aplikasi ini telah terbukti untuk mendeteksi penyakit pada kambing, dan pakarpun terbantu terhadap aplikasi ini, tetapi aplikasi tidak sepenuhnya menggantikan pekerjaan para pakar aplikasi ini hanya untuk membantu para pakar.
Critical thinking
Good
Penulisan dalam penelitian dan pengaplikasian tentang penyakit kambing ini terbilang sangat bermanfaat, berguna untuk membantu para pakar dan juga membantu peternak dalam mencegah atau menangani penyakit sejak dini, penggunaan bebas dimana saja tanpa koneksi internet memudahkan peternak untuk yang bertinggal  dikawasan terpencil dengan sinyal kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar